Rabu, 05 April 2017

Perayaan Paskah Paling Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!

perayaan paskah di Indonesia

Indonesia memang bukan negara mayoritas Nasrani. Walaupun begitu, beberapa kota memiliki perayaan keagamaan Kristen unik yang pantas diikuti. Salah satunya adalah perayaan Paskah.
Perayaan bangkitnya Yesus Kristus setelah disalibkan ini memang tidak segemerlap perayaan Natal. Tapi, tradisi Paskah di Indonesia bagian timur memiliki keunikan tersendiri.
Kalau Ezytravelers kebetulan berwisata di Flores, Nusa Tenggara Timur, atau Kalimantan Tengah saat liburan Paskah, tak ada salahnya bagi kalian untuk melihat perayaan Paskah di daerah-daerah tersebut.
Perayaan Paskah di Indonesia yang unik adalah  perayaan Semana Santa di Flores, perayaan Kure di Kote, dan perayaan Memento Mori di Kalimantan Tengah.

1. Tradisi Paskah unik di Flores

perayaan paskah di Indonesia
Kemeriahan perayaan Semana Santa
Di Flores Timur, tepatnya di Larantuka, ada tradisi Paskah unik yang disebut dengan Semana Santa. Kata Semana Santa ini juga bisa di artikan sebagai pekan suci. Perayaan Paskah ini berlangsung selama 4 hari. Tradisi ini dimulai saat hari Kamis Putih. Puncak perayaan Semata Santa jatuh pada hari Jumat Agung. Sedangkan akhir prosesi ini dilaksanakan pada Minggu Paskah.
Pada hari Kamis putih, umat Katolik Larantuka mempersiapkan jalur yang akan dilewati oleh arak-arakan parade paskah. Persiapan yang dilakukan para Jemaat di antaranya adalah dengan cara memasang lilin di pinggir jalan sepanjang jalur parade.
#Fun Fact!
WOW! Jalur parade Semana Santa panjangnya mencapai 7 kilometer.
Click to Tweet
Sebagian Jemaat lainnya akan mempersiapkan patung Perawan Maria yang akan digunakan dalam parade. Patung ini akan dimandikan dan dibersihkan. Masyarakat setempat menyebut patung ini dengan sebutan Tuan Ma. Setelah dibersihkan, mereka akan memakaikan baju pada patung tersebut. Pada parade nanti, Tuan Ma akan mengenakan jubah berkabung. Jubah ini berwarna ungu, hitam atau biru.
perayaan paskah di Indonesia
Perayaan Semana Santa di Flores
Pada hari Jumat Agung, prosesi pengusungan patung Yesus Kristus, Perawan Maria, dan bayi Yesus. Parade ini dimulai dari Katedral Reinha Rosary dan berakhir juga di tempat yang sama.  Sedangakan pada hari Sabtu dan Minggu, Jemaat akan melakukan prosesi Sabtu Suci dan Minggu Paskah.
Perayaan Semana Santa di Larantuka ini sangat unik dan ramai pengunjung. Jalan-jalan tempat dilewatinya parade ini selalu ramai dengan pengunjung.
Jika kalian tertarik dengan parade perayaan Paskah ini, kalian harus rencanakan liburan di Flores dengan seksama. Sehingga, kalian tidak ketinggalan untuk menyaksikan puncak dari tradisi ini. Nah, oleh karena itu Ezytravelers bisa cari hotel murah mulai sekarang.
Yuk persiapkan diri untuk menyaksikan perayaan Paskah di Flores!

2. Tradisi Paskah di Kote, NTT

perayaan paskah di Indonesia
Perayaan Kure di Kote
Masyarakat Kote di kabupaten Timor Tengah Utara, NTT memiliki tradisi Paskah yang cukup menarik. Perayaan ini disebut dengan perayaan Kure.
Kata Kure ini sejatinya adalah bahasa Latin yang berarti berdoa dan berkunjung ke keluarga yang sama-sma menganut agama Katolik. Pada perayaan Kure, masyarakat setempat akan membersihkan patung Perawan Maria dan Yesus Kristus. Patung-patung ini sudah berumur tua karena warisan dari orang-orang Portugis yang dulu singgah di daerah ini.
Setelah dibersihkan, kedua patung ini akan kembali di pajang seperti semula. Anggota suku Kote akan membuat sesaji untuk Tuhan. Sesaji ini terdiri dari berbagai macam buah dan sayur. Selain itu, sesaji ini juga terdiri dari uang, pinang, dan sirih. Sesembahan ini nantinya akan dibagikan kepada peziarah, pengunjung yang melihat prosesi perayaan paskah, dan kelompok doa.
Penasaran seperti apa Tradisi Paskah di Negara lain? cek di SINI

3. Perayaan Paskah di Kalimantan Tengah

perayaan paskah di Indonesia
Penduduk Kristiani berkumpul di makam keluarga pada malam hari
Perayaan Paskah di Kalimantan Tengah ini sedikit berbeda dari tradisi Paskah lainnya di Indonesia. Tradisi Paskah di daerah ini bernama Memento Mori. Arti dari perayaan ini adalah mengingat kematian.
Tradisi unik ini dilakukan pada Sabtu Suci atau Malam Paskah. Penduduk Kristiani setempat akan berkumpul di makam keluarga pada malam hari hingga matahari terbit keesokan harinya. Mereka menyalakan lilin serta menaburkan bunga di atas kuburan para leluhur atau keluarga mereka yang telah tiada.
Setelah semalaman berkumpul di makam, warga setempat langsung melanjutkannya dengan misa Paskah di pagi harinya. Misa ini dilakukan di tenda-tenda yang sengaja di buat di sekitar makam. Tenda ini memang disiapkan oleh gereja setempat.
Jadi, perayaan Paskah di Indonesia manakah yang menarik untuk Ezytravelers kunjungi? Jika kalian suka dengan keramaian, perayaan Semana Santa akan cocok untuk Kalian. Namun jika kalian lebih suka perayaan yang syahdu, tradisi Memento Mori mungkin bisa kalian coba. Atau jika kalian ingin mencicipi segarnya buah-buahan lokal, maka kalian wajib menyaksikan perayaan Kure.
Agar perjalanan wisata Ezytravelers aman dan nyaman, pastikan Kalian memesan akomodasi yang tepat dari website yang terpercaya. Dengan begitu, kalian tak perlu dipusingkan dengan masalah akomodasi saat berwisata di kota tujuan Kalian.
Ada banyak website yang menawarkan booking hotel murah yang menarik. Namun, kalian tetap harus berhati-hati dalam memesan akomodasi wisata. Pilihlah website travel yang benar-benar kredibel dan terpercaya.
Ada baiknya kalian membaca review website pemesanan akomodasi wisata dan membandingkan beberapa website sebelum membuat keputusan. Sehingga, kalian dapat memesan akomodasi wisata dengan harga sepadan tanpa takut tertipu.
Wisata budaya tradisi Paskah ini adalah alternatif wisata yang cukup berbeda dari lainnya. Jika kalian terbiasa menikmati liburan Natal di berbagai negara, maka tak ada salahnya kalian untuk mencoba perayaan Paskah di Indonesia.

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2015 - Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile