Kamis, 29 Juni 2017

Ini Dia Festival-Festival Menarik di Indonesia yang Dielukan Turis Mancanegara

Festival di Indonesia mempunyai daya tarik tersendiri karena memiliki keunikan yang tidak akan pernah ditemukan di negara-negara yang lain. Di Indonesia sendiri festival selalu diselenggarakan pada momen-momen tertentu dan memiliki ciri khas tersendiri di tiap daerahnya. Hal ini tidak lepas dari banyaknya suku adat di Indonesia yang menyebabkan banyaknya acara kebudayaan yang diselenggarakan dalam bentuk festival. Perbedaan ini membuat festival menarik di Indonesia untuk disimak dan dinanti-nantikan. Bahkan tidak sedikit turis mancanegara rela menyempatkan dirinya untuk hadir dan ikut langsung menyaksikan festival-festival di Indonesia.

Sudah tak terhitung lagi banyaknya festival di Indonesia yang diselenggarakan untuk menarik wisatawan mancanegara. Banyaknya festival ini membuktikan bahwa Indonesia sangat kaya akan adat dan budaya sehingga mampu menjadi salah satu tempat tujuan terbaik di dunia. bahkan beberapa festival ini menjadi festival yang sudah diakui oleh dunia internasional untuk dipelajari dan dibuat penelitian tersendiri akan adanya festival tersebut. berikut ini beberapa festival manerik di indonesia yang menjadi primadona di kalangan turis mancanegara.

Karapan Sapi – Madura

Festival menarik di Indonesia yang pertama adalah karapan sapi di madura. Bagi rakyat madura sapi merupakan hewan yang sangat membantu perekonomian yang ada di pulau garam tersebut sehingga banyak diantara rakyat di madura yang memiliki dan berternak sapi di rumahnya. Festival karapan sapi sendiri merupakan festival yang diselenggarakan untuk merayakan kesuksesan rakyat madura dalam bercocok tanam seperti panen padi ataupun panen tembakau. Pada umumnya festival ini dilaksanakan di anatar bulan agustus hingga oktober.

festival karapan sapi festival menarik di indonesia

Festival Karapan Sapi (Photo Doc: DetikTravel)

Bentuk festival ini merupakan balapan yang dilakukan dengan cara naik diatas sebuah papan dan ditarik menggunakan sapi. Diperlukan teknik yang mumpuni untuk mengendalikan sapi dalam kecepatan tinggi sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Bukan hanya balapan sapi saja yang ada dalam festival karapan sapi, akan tetapi masih banyak acara-acara seni lainnya diiringi oleh ritual magis yang menjadikan festival ini layak untuk dielu-elukan oleh turis mancanegara.

Festival Erau – Kalimantan Timur

Festival di Indonesia yang sudah di akui oleh dunia Internasional salah satunya adalah festival erau atau lebih dikenal dengan Erau Internasional Folkore and art festival (EIFAF). Festival ini merupakan festival yang diselenggarakan sebagai bentuk syukur masyarakat kalimantan timur khususnya yang tinggal di wilayah kutai kartanegara. Festival ini berbentuk seperti festival pesta rakyat dan festival budaya dan menjadi salah satu festival terbesar yang diselenggarakan di Indonesia.

festival erau festival menarik di indonesia

Festival Erau (Photo Doc: getborneo.com)

Berbagai acara besar diadakan mulai dari pesta kesenian, parade budaya, dan lomba di sungai mahakam. Festival di Indonesia ini di tutup dengan adanya pesta kembang api yang dimeriahkan oleh seluruh rakyat kalimantan timur sebagai tanda puncak dari anugerah tuhan yang diberikan di wilayah tersebut.

Festival Pasola – Nusa Tenggara Timur

Festival pasola adalah sebuah festival rakyat nusa tenggara timur yang khusus diselenggarakan untuk menyambut masa panen dan juga masa tanam. Festival ini menarik perhatian turis mancanegara karena mempunyai cara yang unik dalam merayakannya dimana rakyat laki-laki akan saling serang dengan menggunakan tombak dan menunggang kuda dan dilakukan di padang rumput yang luas.

festifal pasola festival menarik di indonesia

Festival Pasola (Photo Doc: indonesiatraveldb.com)

Apalagi pesona alam yang dimiliki oleh NTT akan membuat mata terhibur dengan festival ini. bukan hanya itu saja akan tetapi sebelum di selenggarakan festival pasola terlebih dahulu dilaksanakan tradisi nyale atau memancing cacing laut dan juga tradisi ritual pajura yaitu ritual dengan menggunakan adu tinju yang dilakukan di pinggiran pantai pada dini hari. Festival ini diselenggarakan pada bulan februari sampai maret.

Festival Lembah Baliem – Papua

Dari sekian banyak festival menarik di Indonesia mungkin festival inilah yang paling ditunggu-tunggu dan dielu-elukan oleh turis mancanegara hingg rela melakukan perjalanan jauh nan melelahkan demi mencapai lembah ini. festival ini sudah terkenal dan tersohor di dunia internasional karena keunikan dan kemistisan dari ritual ini.

festival lembah baliem festival menarik di indonesia

Festival Lembah Baliem (Photo Doc: pesonaindo.com)

Untuk mencapai daerah inipun dibutuhkan tenaga yang tidak sedikit karena minimnya moda transportasi ke daerah tersebut juga karena suku yang terdapat didalamnya tidak ingin tersentuh budaya dari dunia luar sehingga masih kental akan adat istiadatnya. Festival ini diselenggarakan dengan menampilkan beberapa ritual peperangan yang terjadi antar suku adat di papua. Pesona alam yang indah namun tersimpan rasa mistis di setiap sudutnya menambah kesan adat yang kental dan mistis dalam festival ini.

Festival Budaya Nias – Sumatera Utara

festival budaya nias festival menarik di indonesia

Festival Budaya Nias (Photo Doc: travelkompas.com)

Festival menarik di Indonesia berikutnya adalah festival budaya nias dimana yang menjadi ciri khas dari budaya ini adalah tradisi melompati batu yang disusun tinggi. Pada mulanya tradisi ini untuk menunjukkan keberanian dan ketangkasan pemuda suku setempat. Namun dengan berkembangnya zaman akhirnya tradisi ini menjadi festival menarik di Indonesia.

Nah itu semua adalah beberapa festival di Indonesia yang menarik perhatian Turis Mancanegara. Masih banyak loh festival menarik lain nya di Indonesia untuk di explore lebih lanjut. Sebagai warga negara yang baik kita harus melestarikan semua kebudayaan yang ada. Jangan lupa untuk share postingan ini ya jika menurut kalian ini bermanfaat.

Let's block ads! (Why?)



from JalanSanaSini http://ift.tt/2tvQ9JI
via IFTTT

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2015 - Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile